Langsung ke konten utama

Apa Kabar Dunia Pemrograman?

Dunia pemrograman? Ya, dunia pembuatan aplikasi menggunakan tools pemrograman yang ada. Ketika aku mulai mengenal komputer 15 tahun yang lalu, dunia pemrograman merupakan bagian dari dunia komputer yang paling aku gemari. Memang pada saat itu, sekitar tahun 1997, dunia komputer belumlah seperti saat ini. Baik dari sisi hardware, software maupun penggunaannya di masyarakat.

Komputer pertamaku adalah Acer DX2 66 MHz, ya, komputer dengan prosesor Intel 66 MHz. Bandingkan dengan saat ini, bahkan sebuah handphone pun punya kekuatan prosesor yang lebih baik dari itu. Aku menggunakan Windows 95 dan Microsoft Office 97. Hal ini sudah cukup canggih pada saat itu. Kebanyakan orang masih menggunakan DOS dan Wordstar. Memang, penyebaran aplikasi tidak secepat saat ini. Internet masih digunakan kalangan terbatas. Apa yang ada di Amerika, perlu waktu beberapa bulan sebelum tersebar di Indonesia.

Bagaimana dengan dunia pemrograman? dBase III+ adalah aplikasi pertama yang aku otak-atik. Dan di keluarga BASIC, bahasa QuickBASIC adalah yang paling sering aku gunakan. O ya, semua itu aku pelajari sendiri tanpa seorang guru. Membeli atau meminjam buku pemrograman di Perpustakaan adalah sumber ilmu utamaku. Tahun 2001 aku mulai serius mempelajari bahasa Visual Basic 6. Ya, aplikasi inilah yang akhirnya paling aku kuasai. Bahkan aku sempat membuatkan beberapa aplikasi komersial mulai yang berharga ratusan ribu rupiah sampai pernah mendapat proyek senilai 24 juta rupiah dari pembuatan aplikasi dengan Visual Basic 6.

Hanya sayang, aku tidak cukup serius untuk terus mengembangkan kemampuan pemrogramanku. Aku berhenti dari mempelajari bahasa pemrograman dan hanya menggunakan komputer untuk membantu pekerjaanku yang tak ada hubungannya dengan dunia komputer.

Dan kini, kurang lebih sepuluh tahun kemudian, apa yang telah aku lewatkan? Luar biasa banyaknya. Visual Basic 6 telah menjadi bahasa pemrograman kuno, meskipun aku yakin masih ada kalangan tertentu yang menggunakannya. 
  • Visual Studio .NET
  • Visual Studio 2002
  • Visual Studio 2003
  • Visual Studio 2005
  • Visual Studio 2008
  • Visual Studio 2010
Hmm....

Perlu semangat yang luar biasa bagiku jika ingin kembali menekuni dunia pemrograman. Keadaan sudah jauh berbeda pada saat ini. Arah pengebangan aplikasi juga telah mengalami pergeseran. Internet telah menjadi kiblat dari pengembangan aplikasi. Aplikasi mobile juga agaknya akan semakin booming. Apalagi iPad dan sejenisnya sudah mulai meluas penggunaannya. Belum lagi sebentar lagi Windows 8 akan segera keluar. Sebuah OS yang kabarnya akan dapat digunakan di berbagai plaform bahkan di HP dengan prosesor CRM sekalipun. Penggunaan layar sentuh juga sudah banyak diakomodasi di Windows terbaru ini. Sebuah cara baru berinteraksi dengan komputer yang selama ini masih didominasi oleh keyboard dan mouse. 

Mudah-mudahan saja aku masih punya kesempatan, kemauan dan kemampuan untuk kembali terjun di dunia pemrograman..........

.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanda-Tanda Takut Kepada Allah

Orang mukmin merupakan orang yang takut (khauf) kepada Allah SWT dengan seluruh anggota badannya. Seagaimana dikatakan oleh pakar fiqih, Abu Al-Laits, "Tanda-tanda takut kepada Allah SWT tampak dalam tujuh tempat."

Pertama, pada lisannya Ia akan menghindari perbuatan bohong, memfitnah, mengadu domba, dan banyak ocehan. Menyibukkan diri dengan zikir kepada Allah SWT, membaca Al-Qur'an, dan merenungkan ilmu pengetahuan.

Menggunakan Internet Gratis 15 Hari dari SMART

Bonus gratis Internet selama 100 hari yang aku peroleh saat membeli Modem Smart Haier CE100 telah habis beberapa hari yang lalu. Harus aku akui, dalam 100 hari tersebut aku telah mendapatkan pengalaman berinternet yang jauh berbeda dibandingkan dengan yang sudah-sudah. Dengan kestabilan yang baik serta kecepatan maksimal sampai 3.1 Mbps, maka aku merasa begitu bebas berselancar di dunia Internet. Mau download pun bukan lagi masalah yang berarti. Game The Sims 3 Ambition sebesar 4,7 GB pun dapat aku download kurang dari setengah hari atau kurang lebih 10 jam saja. Tentu ini sudah sangat bagus untuk ukuran Internet mobile.

Aplikasi Terjemahan Client for Google Translate

Saat ini aku sedang mencoba salah satu aplikasi terjemahan alternatif, yaitu Client for Google Translate, Ini merupakan versi desktop dari Google Translate yang selama ini sering aku gunakan di alamat http://translate.google.co.id/.

Jika ingin mencoba aplikasi ini, Anda bisa langsung download di http://translateclient.com/, dan filenya hanya sebesar 2,5 MB. Tentu, untuk dapat berfungsi Anda tetap harus dalam kondisi online saat menjalankan aplikasi ini. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mendownload bahasa tambahan secara manual ke dalam aplikasi ini nantinya.