Langsung ke konten utama

10 Hal Yang Mampu Menjauhkan Diri Kita Dari Godaan Syaitan

"Kalau bukan karena karunia dan rahmat Allah kepadamu tentulah kamu mengikuti syaitan, kecuali sebagian kecil saja (diantaramu)." (QS. An Nisa' (4): 83).

Ajakan syaitan itu harus dilawan sekuat-kuatnya. Ada sepuluh kiat untuk melawan ajakan syaitan yang dapat kita lakukan, yaitu:

1. Memohon Perlindungan Allah

"Dan jika syaitan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mengetahui." (QS. Al Fushilat (41): 36).


2. Membaca surat Al Falaq dan An Naas

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Tiada sesuatu yang paling kuat untuk berlindung selain kedua surat itu." Beliau membacanya setiap akan tidur dan menganjurkan untuk dibaca setiap selesai shalat fardhu.

3. Membaca ayat Kursi

Ayat Kursi adalah ayat ke 255 dari surat Al Baqarah. Ayat inipun dituntunkan oleh Rasulullah untuk dibaca agar terhindar dari godaan syaitan.

4. Membaca surat Al Baqarah

Rasulullah SAW bersabda: "Jagalah rumahmu agar tidak menjadi sunyi seperti kuburan. Sesungguhnya rumah yang apabila di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah, tidak akan dimasuki syaitan."

5. Membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah

"Barangsiapa telah membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah cukup baginya perlindungan di waktu malam." Demikian Rasul bersabda.

6. Membaca surat Haamiim Sajadah dan ayat Kursi

Keduanya jika dibaca pagi akan mampu menjaga hingga sore, dan jika dibaca sore akan terjaga sampai pagi.

7. Mengucapkan dzikir: Laailaaha illallahu wahdahulaasyariikalah lahul mulku walahul hamdu wahuw 'ala kulli syaiin qadiir

Sabda Nabi: "Barang siapa membaca dzikir ini seratus kali dalam sehari dia akan mendapat pahala sebagaimana membebaskan seratus orang budak. Dia akan memperoleh seratus hasanah dan dihapuskan padanya seratus kejelekan, dan dia akan terlindung dari syaitan selama sehari semalam."

8. Banyak Mengingat Allah

Rasulullah pernah bersabda: "... Allah memerintahkanmu agar selalu berdzikir menyebut asma Allah. Sebab dengan demikian kamu akan terlindung dari bahaya syaithan. Ibaratnya dzikir itu sama dengan benteng yang kuat, yang melindungimu dari serangan musuh-musuhmu."

9. Berwudlu

Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya syaitan itu diciptakan dari api dan yang dapat mematikannya adalah air wudlu dan shalat. Dua-duanya mematikan api kemarahan."

10. Mengurangi melihat, berbicara, makan dan pergaulan

Sabda Rasulullah SAW: "Pandangan dapat merupakan panah beracun yang dilepaskan iblis..." Sabda beliau lagi: "Sesungguhnya orang-orang yang dimasukkan ke api neraka dengan kepala lebih dulu adalah orang-orang yang disebabkan permainan lidahnya." Sabda beliau juga: "Mengisi sebuah wadah dengan kejahatan tidak lebih jahat daripada memenuhi perut (terlampau banyak makan)."

Buletin Wa Islama 22 Syafar 1413 H 

.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanda-Tanda Takut Kepada Allah

Orang mukmin merupakan orang yang takut (khauf) kepada Allah SWT dengan seluruh anggota badannya. Seagaimana dikatakan oleh pakar fiqih, Abu Al-Laits, "Tanda-tanda takut kepada Allah SWT tampak dalam tujuh tempat."

Pertama, pada lisannya Ia akan menghindari perbuatan bohong, memfitnah, mengadu domba, dan banyak ocehan. Menyibukkan diri dengan zikir kepada Allah SWT, membaca Al-Qur'an, dan merenungkan ilmu pengetahuan.

Melihat Pameran buku di Gramedia Jogja

Sebagai seorang yang gemar membaca, maka toko buku merupakan salah satu tempat yang sering aku kunjungi di samping perpustakaan. Entah sudah berapa kali aku mengunjungi toko buku dan perpustakaan. Dan entah sudah berapa ratus buku yang aku beli atau aku pinjam. Tetapi itu terjadi beberapa tahun yang lalu, sebelum aku mengenal internet.

Dan entah sudah berapa lama aku tidak mengunjungi toko buku atau perpustakaan, sampai beberapa hari yang lalu. Secara tidak sengaja aku lewat toko buku Gramedia Jogjakarta yang berada di Jl. Jendral Sudirman No. 54, dan ternyata di halaman depan toko itu sedang diadakan pameran buku yang cukup ramai. Dan tentu, sebagai seorang yang gemar membaca aku tidak melewatkan kesempatan itu. Tanpa pikir panjang, aku segera berhenti untuk menikmati pameran buku ini barang sebentar.

Menggunakan Internet Gratis 15 Hari dari SMART

Bonus gratis Internet selama 100 hari yang aku peroleh saat membeli Modem Smart Haier CE100 telah habis beberapa hari yang lalu. Harus aku akui, dalam 100 hari tersebut aku telah mendapatkan pengalaman berinternet yang jauh berbeda dibandingkan dengan yang sudah-sudah. Dengan kestabilan yang baik serta kecepatan maksimal sampai 3.1 Mbps, maka aku merasa begitu bebas berselancar di dunia Internet. Mau download pun bukan lagi masalah yang berarti. Game The Sims 3 Ambition sebesar 4,7 GB pun dapat aku download kurang dari setengah hari atau kurang lebih 10 jam saja. Tentu ini sudah sangat bagus untuk ukuran Internet mobile.