Langsung ke konten utama

Beberapa Catatan Tentang Internet

Sebagai sebuah Teknologi, internet terus mengalami perkembangan yang luar biasa. Dari sebuah teknologi komunikasi sederhana di kalangan universitas atau badan intelijen yang terbatas, kini internet telah berkembang menjadi sebuah jaringan komputer yang mendunia dan seakan tanpa batas. Semua orang dari negara manapun bisa mengakses internet dengan mudah, dan dapat terkoneksi dengan orang di wilayah negara lain tanpa terikat jarak dan waktu. Kearah manakah perkembangan internet selanjutnya akan menuju?

Perangkat Internet yang Semakin Mobile

Saat ini, mengakses Internet dari Handphone atau laptop bukanlah hal yang aneh lagi. Akses internet semakin mudah dan murah. Beberapa perangkat baru seperti Netbook atau iPad juga menyediakan fitur akses internet sebagai fitur wajibnya. Di masa mendatang, mungkin hampir semua perangkat elektronik akan dapat terhubung dengan Internet.

Akses Internet Yang Semakin Murah

Biaya akses Internet akan semakin murah dan terjangkau. Para penyedia layanan Internet akan saling berlomba untuk meningkatkan layanan internet dengan biaya yang semurah mungkin. HotSpot yang gratis juga akan semakin menjamur. 

Merebaknya Situs Jejaring Sosial

Jika beberapa tahun yang lalu kegiatan ngeblog dan para Blogger merajai pengguna internet di seluruh dunia, maka kini tak dapat dibantah, fenomena merebaknya situs Jejaring Sosial seperti tak dapat dibendung. Mulai dari Friendster, Twitter, dan tentu saja Facebook yang begitu terkenal di Indonesia. Terlepas dari dampak negatif yang menjadi kontroversi, keberadaan situs jejaring sosial ini amat mempengaruhi penyebaran penggunaan dan pengenalan internet secara keseluruhan.

.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Tanda-Tanda Takut Kepada Allah

Orang mukmin merupakan orang yang takut (khauf) kepada Allah SWT dengan seluruh anggota badannya. Seagaimana dikatakan oleh pakar fiqih, Abu Al-Laits, "Tanda-tanda takut kepada Allah SWT tampak dalam tujuh tempat."

Pertama, pada lisannya Ia akan menghindari perbuatan bohong, memfitnah, mengadu domba, dan banyak ocehan. Menyibukkan diri dengan zikir kepada Allah SWT, membaca Al-Qur'an, dan merenungkan ilmu pengetahuan.

Melihat Pameran buku di Gramedia Jogja

Sebagai seorang yang gemar membaca, maka toko buku merupakan salah satu tempat yang sering aku kunjungi di samping perpustakaan. Entah sudah berapa kali aku mengunjungi toko buku dan perpustakaan. Dan entah sudah berapa ratus buku yang aku beli atau aku pinjam. Tetapi itu terjadi beberapa tahun yang lalu, sebelum aku mengenal internet.

Dan entah sudah berapa lama aku tidak mengunjungi toko buku atau perpustakaan, sampai beberapa hari yang lalu. Secara tidak sengaja aku lewat toko buku Gramedia Jogjakarta yang berada di Jl. Jendral Sudirman No. 54, dan ternyata di halaman depan toko itu sedang diadakan pameran buku yang cukup ramai. Dan tentu, sebagai seorang yang gemar membaca aku tidak melewatkan kesempatan itu. Tanpa pikir panjang, aku segera berhenti untuk menikmati pameran buku ini barang sebentar.

Persiapan Menghadapi Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Tak terkecuali juga pada diri ini. Persiapan bulan Ramadhan 1431 H tahun ini terasa sedikit berbeda bagiku. Aku harus sudah mulai puasa kurang lebih 10 hari sebelum bulan Ramadhan tiba. Ya, dikarenakan sakit, aku masih berhutang puasa Ramadhan tahun sebelumnya selama 7 hari. Dan aku baru bisa melunasinya menjelang bulan Ramadhan tahun ini.