Langsung ke konten utama

Menambahkan Beberapa Elemen Penting di Dalam Blogger

Sebagai seorang blogger pemula, tentu aku perlu sedikit usaha untuk dapat menjadikan halaman blog yang aku buat dengan blogger ini bisa tampil maksimal. Untunglah, di Internet tersedia begitu banyak tutorial yang menyajikan hal-hal seputar ngeblog ini dengan gamblang. Dari sekian banyak elemen yang bisa ditambahkan dalam situs blog, kali ini aku ingin membahas tiga diantaranya yang aku rasa penting sebagai permulaan ngeblok.


Menambahkan "Read More..." dalam halaman depan Blogger

Agar halaman depan tidak terlalu panjang dan bisa menampilkan lebih banyak postingan, maka setiap postingan perlu dipotong untuk bisa dibuka per satu postingan saja. Hal ini selain untuk memperindah tampilan juga bisa menambah page rank.


Di dalam blogger, sebenarnya untuk bisa memotong suatu postingan caranya cukup mudah. Kita tinggal mengklik tombol Insert Jump Break di menu Edit Baru seperti gambar di bawah ini. 


Dengan cara ini postingan kita akan terpotong tepat di atas garis  break yang dibuat. Hanya dengan cara ini tidak secara otomatis ditampilkan "Read More..." atau "Baca selanjutnya..." untuk memandu para pembaca. Untuk mengatasinya coba baca beberapa tutorial dari para blogger senior di bawah ini. Aku sudah mencobanya dan berhasil.
Menambahkan Postingan Terkait di Akhir Setiap Postingan

Jika jumlah postingan yang kita masukkan semakin lama semakin banyak, biasanya postingan yang lama akan semakin jarang dibaca. Untuk mengatasi hal ini salah satu cara yang efektif adalah dengan menambahkan daftar postingan terkait di bagian bawah postingan yang dibaca. Jadi, pembaca yang sedang membaca suatu topik tertentu akan disuguhkan pula dengan link-link terkait di blog kita sesuai dengan topik yang dibaca tersebut.


Untuk membuatnya coba baca beberapa artikel berikut:
Menambah Page Navigator di Blogger

Satu lagi yang perlu kita tambahkan untuk mempermudah pengunjung pada blog kita, yaitu dengan menambahkan Page Navigator. Fasilitas ini akan terasa bermanfaat bagi blog yang telah memiliki banyak postingan.


Untuk membuatnya, silahkan kunjungi pakar blog kita, Abu Farhan di postingan 



Six Styles Page Navigation for Blogger.


Demikian beberapa elemen penting aku aku rasa sangat bermanfaat dan wajib diketahui oleh blogger pemula. Selanjutnya silahkan mencobanya sendiri. Maafkan jika di sini aku hanya bisa memberikan link terkait, karena keterbatasan kemampuan. Semoga berhasil....

Komentar

Pos populer dari blog ini

Tanda-Tanda Takut Kepada Allah

Orang mukmin merupakan orang yang takut (khauf) kepada Allah SWT dengan seluruh anggota badannya. Seagaimana dikatakan oleh pakar fiqih, Abu Al-Laits, "Tanda-tanda takut kepada Allah SWT tampak dalam tujuh tempat."

Pertama, pada lisannya Ia akan menghindari perbuatan bohong, memfitnah, mengadu domba, dan banyak ocehan. Menyibukkan diri dengan zikir kepada Allah SWT, membaca Al-Qur'an, dan merenungkan ilmu pengetahuan.

Melihat Pameran buku di Gramedia Jogja

Sebagai seorang yang gemar membaca, maka toko buku merupakan salah satu tempat yang sering aku kunjungi di samping perpustakaan. Entah sudah berapa kali aku mengunjungi toko buku dan perpustakaan. Dan entah sudah berapa ratus buku yang aku beli atau aku pinjam. Tetapi itu terjadi beberapa tahun yang lalu, sebelum aku mengenal internet.

Dan entah sudah berapa lama aku tidak mengunjungi toko buku atau perpustakaan, sampai beberapa hari yang lalu. Secara tidak sengaja aku lewat toko buku Gramedia Jogjakarta yang berada di Jl. Jendral Sudirman No. 54, dan ternyata di halaman depan toko itu sedang diadakan pameran buku yang cukup ramai. Dan tentu, sebagai seorang yang gemar membaca aku tidak melewatkan kesempatan itu. Tanpa pikir panjang, aku segera berhenti untuk menikmati pameran buku ini barang sebentar.

Persiapan Menghadapi Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Tak terkecuali juga pada diri ini. Persiapan bulan Ramadhan 1431 H tahun ini terasa sedikit berbeda bagiku. Aku harus sudah mulai puasa kurang lebih 10 hari sebelum bulan Ramadhan tiba. Ya, dikarenakan sakit, aku masih berhutang puasa Ramadhan tahun sebelumnya selama 7 hari. Dan aku baru bisa melunasinya menjelang bulan Ramadhan tahun ini.